Cara Mendaftar BidikMisi Tahun 2014
Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Buat yang lagi mencari informasi pendaftara bidik misi Room Berbagi informasi Tata cara Pendaftaran Bidk misi Selain terdapat syarat pendaftaran bidik misi, ada pula sedikit yang harus
Bidikmisi adalah program bantuan biaya
pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal
Pendidikan
Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun
2010
kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu
secara
ekonomi.
Buat yang lagi mencari informasi
pendaftara bidik misi Room Berbagi informasi Tata cara
Pendaftaran Bidk misi Selain terdapat syarat pendaftaran bidik misi, ada
pula
sedikit yang harus Anda ketahui terkait dengan Tata Cara pendaftaran
Bidik
Misi. Tatat cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi adalah sebagai
berikut :
PENDAFTARAN
BIDIKMISI :
Tahapan pendaftaran program
Bidikmisi adalah sebagai berikut :
- Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://adf.ly/Z5a8d dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
- Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
- Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://adf.ly/Z5aEK
- Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus dan sudah lulus dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi
- Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
- Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk
- Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi.
- Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi
- Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.
- Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.
- Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
- Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
- Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.
- Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1
Semua dokumen tidak perlu dikirimkan
ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang
mahasiswa.
Hal ini berlaku kecuali ditentukan
lain oleh PT Terkait.
PENDAFTARAN SELEKSI
MASUK
Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat
harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN,
SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri). Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti
ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi
tersebut.
MENGIKUTI SELEKSI MASUK
Peserta yang sudah terdaftar akan
diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk, dan jika
lulus
seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia
seleksi
masuk dan Bidikmisi
PENDAFTARAN ULANG
PROGRAM BIDIKMISI
Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN,
SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia
seleksi
masuk dan program Bidikmisi.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar